Minggu, 26 Oktober 2008

10 keajaiban masa lampau dan modern

7 Keajaiban Dunia Masa Lampau

Pelancong Yunani kuno Antipater dari Sidon adalah orang yang pertama kali mencatat ketujuh bangunan paling megah di dunia. Catatannya tersebut menjadi sangat terkenal dan menimbulkan rasa ingin tahu penduduk dunia dari masa ke masa. Sayang, karena ulah dan tangan jahil, akibat perang serta usang dimakan usia, bangunan –bangunan megah itu tidak utuh seperti sedia kala. Ketujuh kejaiban tersebut adalah :

1.Piramida sesungguhnya adalah makam raja-raja mesir kuno. Tingginya kira-kira 160 meter , terdiri 2.300.000 batu dengan berat 2,5 ton. Dikerjakan dalam waktu 20 tahun oleh 100.000 tenaga manusia.
2.Taman gantung di Babylonia yang telah lama musnah, dibangun oleh raja Nezhadbudnezzer (600 SM ) untuk isteri kesayangannya.. loteng bersusun tinggi 25 sampai 100 meter, ditanami tuimbuhan tropis yang indah dengan bunga-bunga dan pohon palm dimana air penyiramannya dipompakan dari sungai Euprata.
3.Patung Zeus di Olympia didirikan pada abad ke -5 SM. Patung dari emas itu tingginya kira-kira 14 meter.
4.Kuil artemis di Zeus adalah satu-satunya kuil Yunani terbesar yasng pernah dibangun,. Ukurannya adalah 70 X 140 m. Kuil ini dibangun dalam tempo 120 tahun. Ini lebih luas dari bangunan Gereja ST. Peter di Roma maupun bangunan-bangunan dari gereja kristen lainnya hingga saat ini.
5.Mausoleum Halicarnasus sesungguhnya adalah kuburan yang dibangun oleh ratu Artemissia untuk mengenang suaminya Raja Mausolus dari Caria
6.Colossus di Rhodes, patung perunggu dari dewa matahari Hellos ini didirikan pada tahun 280 SM oleh rakyat Rhodes. Tingginya 30 meter dan terletak tepat dijalan masuk pelabuhan
7.Pharos di Alexandria, Mesir. Patung yang tingginya 130 m terletak di pulau pantai Alexandria dan ini telah dihancurkan pada tahun 1326 masehi.


7 Keajaiban Dunia Masa Modern

Dan tidak kalah hebatnya adalah bangunan-bangunan masa modern yang dibangun beberapa waktu berselang. Ketujuh bangunan tersebut adalah :
1.Di kota Chicago ada 3 bangunan pembersih air kotoran. Tiap hari dapat mengerjakan air kotoran sebuah kota yang berpenduduk 4.230.000 orang ditambah dengan kotoran perindusttrian penduduknya sebanyak 3 juta orang. Dan setiap hari dapat membersihkan dan mengerjakan 4180 juta liter air kotoran
2.Pipa-pipa raksasa dari proyek talang air Sungai Colorado ini panjangnya 889,6 km kearah bagian selatan yang berjuta-juta penduduknya dan tanah yang lluasnya beribu-ribu km2
3.The Empire State Building, salah satu bangunan tertinggi di dunia terletak di New York , adalah ssuatu keajaiban prestasi arsitektur. Bangunan ini bertingkat 102 buah dan tingginya 381 m berikut menara TV diatasnya ialah 67,7 m. Dari tingkat atas dapat dilihat pemandangan sejauh 80km . diselesaikan dalam jangka waktu 2 tahun
4.Dam Gran Coulee, adalah jantung dari proyek lembah sungai columbia , merupakan kunci dari perkembangan industri dan pertanian di AS, sebelah barat daya. Panjangnya 1,28 km dan tingginya 167,6 m . bangunan hidroelektrik yang dapat membangkitkan tenaga listrik 2 juta kilowatt terus-menerus.
5.Hooer Dam, suatu bangunan dari beton dengan tinggi 200 m ini adalah penjinak sungai colorado . hoover dam penting bagi perkembangan ke tujuh negara bagian AS.
6.Terusan Panama ini digali untuk menghubungkan Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik melalui isthimus Panama yang sempit. Panjang seluruhnya adalah 54,43 km. Ketika dibuat 243 juta meter kubik tanah dan bukit dibongkar. Tiap-tiap kapal yang melalui saluran ini diangkat setinggi 25,9 m diatas permukaan laut dan lambat-lambat diturunkan ketika menuju samudera Fasifik . perjalanan sepanjang pintu diatur ” oleh keledai-keledai listrik ” ialah mesin-mesin yang berjalan diatas roda-roda bergigi.
7.Jembatan San Fransisco Darklan Bya, suatu jalan lalu lintas bertingkat dua dibagian California. Jembatan ini terdiri dari dua bagian dihubungkan oleh suatu terowongan menembus pulau Yerba Buena. Tingkat dari jembatan dipergunakan untuk lalu lintas mobil penumpang dan tingkat bawah bagi lalu lintas truk, bis, kereta api listrik. Seluruh bangunan ini didirikan diatas 50 tiang induk dan kawat yang dipergunakan bagi kabel-kabel jembatan adalah 3 kali sepanjang khatulistiwa dan ketika mendirikannya dipakai 182.000 ton besi. Diselesaikan dalam waktu 3 tahun.

MASUK KE JURNAL EKONOMI


Ingin tau tentang 100 top selebriti dunia.......klik link berikut:


100 TOP SELEBRITI DUNIA

1 komentar:

  1. Blog anda sangat bagus sekali san sangat informatif, saya akan menyimpan link anda karena akan saya perlukan...

    BalasHapus