Kamis, 23 Oktober 2008

penelitian

I. Kantor Kelurahan Antasan Kecil Timur adalah sebuah kantor instansi pemerintah yang terletak di jalan Belakang Mesjid Jami Gg. H. Jamaluddin I Rt 7 Telp. 0511-7476362.

Kantor Kelurahan ini melayani penduduk yang hendak membuat KTP, kartu keluarga, surat perizinan, surat keterangan belum menikah, surat keterangan tidak mampu, dll.

Jumlah seluruh karyawan kantor kelurahan ini berjumlah 13 orang terdiri dari 1 orang lurah, 1 sekretaris, 5 orang kasi ( 1 orang trantib, 1 orang kasi pemerintahan, 1 orang kasi pelayanan umum, 1 orang kasi PMK) dan 5 orang staf termasuk 1 orang cleaning service.

Karyawan kantor kelurahan ini dinilai cepat pelayanannya oleh masyarakat, sehingga banyak masyarakat yang terlihat senang berurusan dikantor kelurahan ini.

Proses Identifikasi Masalah:

µ Berdasar pengamatan dapat diketahui:

1. Tidak adanya ketetapan waktu antara jam buka kantor kelurahan dengan apa yang terjadi sesungguhnya dilapangan.(Pada saat kami lakukan observasi kekantor kelurahan jam 8 pagi, ternyata kantor kelurahan masih belum buka sampai jam 9)

2. Karyawan kantor ini banyak yang datang tidak tepat waktu, sehingga banyak masyarakat yang menunggu dikantor kelurahan tersebut.

3. Terlihat perbedaan fasilitas dikantor tersebut, (ruangan Lurah memakai AC sedangkan ruangan karyawan dan staff masih memakai kipas angin).

4. Banyak terlihat meja-meja staf yang masih kosong, padahal staf-staf yang bersangkutan terlihat saling mengobrol di lobi.

Disamping pengamatan, juga terdapat data awal hasil wawancara dengan:

µ Lurah:

a. Merasa cukup berhasil dalam menjalankan programnya seperti pembagian BLT, pembagian raskin dapat diselesaikan dengan baik.

b. Kinerja karyawan dirasa kurang. Hanya 2 orang karyawn saja yang aktif melayani masyarakat sementara yang lainnya terlihat santai-santai saja.

c. Fasilitas dirasa sudah mencukupi.

µ Karyawan:

a. Cukup puas dengan pekerjaan yang ditugaskan kepada mereka. Tidak mengalami kesulitan dalam menjalankannya.

b. Fasilitas dirasa sudah mencukupi.

c. Merasa kurang cukup atas gaji yang diterima.

d. Hubungan antara karyawan dan staff berjalan dengan harmonis.

e. Ada sedikit masalah/kendala dalam melayani masyarakat. Masyrakat banyak yang masih menggunakan KTP sementara padahal yang diperlukan KTP asli.

Dari pengamatan awal seperti ini, meskipun dari Lurah tidak ada masalah, kecuali kinerja karyawan yang dirasa kurang, tetapi peneliti perlu membedakan masalah pimpinan dan masalah penelitian.

Decision Problem:

Apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja karyawan?

Research Problem:

1. Mengapa karyawan merasa tidak puas dengan gaji yang diterima?

2. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kurangnya kinerja karyawan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar