Analisis Efektivitas Penggunaan Modal pada Toko Buku Karisma
Toko buku Karisma adalah sebuah toko buku yang terletak di Jalan Ahmad Yani KM 2 Duta Mall lantai 2. Toko buku ini menjual berbagai macam buku-buku,mulai dari buku pelajaran, buku fiksi dan non fiksi, peralatan sekolah, aksesoris dan lain-lain.
Usaha ini bersifat profit oriented. Toko buku ini sudah berdiri sejak tahun 2004 bermula di plaza Metro City kemudian mulai tahun 2006 pindah ke Duta Mall.
Toko buku ini memiliki 25 orang karyawan kontrak dan satu orang Supervisor.
Toko buku ini merupakan alternatif kedua setelah Gramedia yang merupakan toko buku terlengkap di Banjarmasin.
Berdasarkan pengamatan awal diketahui :
1. Banyak karyawan yang terlihat santai karena toko buku ini tergolong sepi pengunjung
2. Luas toko ini terlihat sempit untuk ukuran toko buku
3. Tidak adanya fasilitas kursi bagi pengunjung untuk membaca buku ditempat
4. koleksi buku yang tersedia sedikit
5. suasana toko buku terasa nyaman
Disamping pengamatan juga terdapat data awal hasil wawancara dengan :
Supervisor:
Merasa kalah bersaing dengan toko buku gramedia, dikarenakan toko bku Karisma ini kurang terkenal di kota Banjarmasin
Kinerja karyawan dirassa cukup baik dalam hal melayani pengunjung
Jumlah pengunjung meningkat pada tahn ajaran baru, terutama pada bulan Juli dan Agusts
Tidak ada mengadakan promosi iklan, hanya mengandalkan pengunjung yang lewat didepan toko saja
Turnover karyawan setiap 2 tahun sekali
Gaji karyawan sesuai standar UMR
Fasilitas untuk karyawan dirasa sudah mencukupi
Pelayanan listrik dari Duta Mall kurang memuaskan terutama pada malam hari
Modal dirasa kurang mencukupi karena semuanya diatur oleh pusat (Toko buku KarismaTangerang )
karyawan :
terjadinya penumpukan stok barang terutama setelah tahun ajaran baru, sehingga mereka harus bekerja extra untuk mengaturnya
hubungan antara karyawan dirasa sudah baik
fasilitas sudah mencukupi
gaji dirasa sudah memuaskan sesuai dengan jam kerjanya ( 7 jam )
kalau ada pekerjaan yang lebih baik mereka ingin pindah kerja
Dari pengamatan awal seperti ini, meskipun dari pimpinan tidak ada masalah kecuali modal dari pusat yang dirasa kurang mencukupi tetapi peneliti perlu membedakan masalah pimpinan dan masalah pimpinan
Decision problem :
Apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung ?
Research problem :
Apakah tambahan modal untuk investasi buku-buku, komputer dan peralatan penunjang lainnya dapat mempengaruhi jumlah pengunjung sehingga laba yang dihasilkan juga akan meningkat ?
Apakah jumlah karyawan sudah optimal dilihat dari jumlah pengunjung yang sedikit?
Apakah letak toko buku sudah strategis ?
Apakah promosi yang dilakukan sudah optimal ?
Kendala- kendala apa saja yang terdapat dalam perusahaan ini ?
Bagaimana hubungan antara pemimpin dengan karyawan dan sesama karyawan?
Kapan terjadinya peningkatan pengunjung?
Bagaimana promosi yang dilakukan oleh pihak perusahaan ?
Apakah selalu terjadi turnover karyawwan ?
Apakah gaji yang diberikan perusaahaan sudah sesuai standar UMR/
Apakah fasilitas untuk karyawan sudah optimal ?
Apakah ada kendala dalam bidang keuangan khususnya modal ?
Apakah karyawan ingin pindah kerja ?
Kamis, 23 Oktober 2008
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar